BAYU SETIADI [MEMELIHARA SISTEM PENDINGIN AC/AIR CONDITIONING]
MEMELIHARA/SERVIS SISTEM PENDINGIN
(AC/ AIR CONDITIONING)
oleh.
Nama siswa. : BAYU SETIADI
Kelas. : XII TKR 2
Nama guru. : BPK. SAFRUDIN
Nama sekolah : SMKN 2 BANDAR LAMPUNG
Tahun. : 20 OKTOBER 2020
I. FUNGSI SISTEM AC DI KENDARAN
link vidio : https://youtu.be/Bjc9Y21gkOU
II. MACAM MACAM KOMPONEN AC MOBIL
1. KOMPRESOR
2. MAGNETIC CLUTH
3. KONDENSOR
4. RECEIVER DRYER
5. EXPANSIO VALVE
6. EVAPORATOR
7. HIGH PRESSURE HOSE
8. LOW PRESSURE HOSE
9. COOLING FAN
10. SLIGHT GAS
11. DECICATING AGENT
12. BLOWER
13. FREON
Animasi aliran freon
FUNGSI AC
1.Mengatur suhu udara
2.Mengatur sirkulasi udara
3.Mengatur kelembaban udara
4.Mengatur kebersihan udara
Refrigeran adalah liquid yang menjadi media pembawa kalor / energi panas dari ruangan penumpang (evaporator) ke luar kendaraan (kondensor
•CONTROL PANEL
Air Outlet Switch : mengatur aliran keluarnya udara dingin dalam ruangan mobil
Airflow Volume Adjusment / Saklar Blower : Mengatur kecepatan blower / kipas atau aliran udara dalam mobil
Temperatur Adjusment / Pengontrol Temperatur : Mengatur hidupnya AC dan sekaligus mengatur suhu ruangan.
Catatan cara menghidupkan AC ketika mesin telah hidup :
Putar temperatur adjusment diposisi hidup (agar udara yang keluar dingin)
Putar Air flow Volume Adjustment : Menghidupkan Blower / kipas ruangan
•Compressor
Fungsinya :
Mensirkulasikan refrigerant ke seluruh sistim
Mengkompresikan refrigerant bertekanan rendah menjadi bertekanan tinggi dan bertemperatur tinggi
Compressor Sanden
•Compressor Nippondenso
•Compressor Sanden
4.Magnetic Clutch / Copling magnet/Clutch Electromagnetic
Fungsinya Memutus menghubungkan tenaga mesin ke kompresor secara otomatis. Digunakan sebagai perantara thermostat untuk memutus kerja kompresor
Saat AC hidup : Terdengar suara klik dan putaran mesin meninggi artinya kopling magnet terhubung. Terdengar suara klik dan suara mesin menurun artinya kopling magnet terputus.
•Clutch stator
•Stator coil
•Clutch rotor
•Snap ring
•Pressure plate
•Key
•Compressor shaft
•Plate spring
•Ball bearing
•Clutch Pulley
•Condenser
Fungsinya : Bersama-sama dengan extra fan mengubah refrigeran berbentuk gas bertekanan tinggi menjadi refrigerant berbentuk cair bertekanan tinggi dengan cara mendinginkan refrigerant tersebut.
•Extra Fan adalah kipas angin untuk meniup kondensor
•Receiver Dryer
Fungsinya :
•Menyimpan cairan refrigeran sementara (Receiver)
•Menyaring kotoran yang ikut bersama refrigeran (Strainer)
•Menyerap uap air (Dryier / Silica Gel)
•Melihat jumlah refrigeran (Sight Glass)
•Receiver tube
•Receiver Body
•Sight glass
•Dryer
•Silica gel
•Strainer
•Liquid refrigerant
Sight Glass adalah kaca yang biasanya ada diatas reeiver driyer ygn diguakan untuk melihat jumlah atau kwalitas refrigeran / Freon
7.Expansion Valve
Fungsinya :
•Mengubah refrigerant berbentuk bertekanan dan bersuhu tinggi menjadi refrigerant berbentuk kabut atau uap bertekanan dan bersuhu rendah.
•Mengatur jumlah refrigerant yang di uapkan di evaporator
•Valve
•Diaphragm chamber
•Capillary tube
•Diaphragm
•Push rod
•Pressure spring
•Adjusting screw
•Heat sensitizing tube
•Expansion Valve Operation
•Temperatur sensor
Ada 2 Temperatur Sensor yaitu :
Di Expansion Valve dan disebut
•Heat sensitizing tube : Berfungsi mgengukur suhu ruangan kendaraan dan menggerakan besarnya bukaan expansion valve
•Di Thermostat swicth
Sensing Bulb berfungsi Mengukur suhu ruangan kendaraan dan memberikan datanya ke Thermostat switch
•Thermostatic Switch
Fungsi :
•Mengontrol kabin agar temperaturnya selalu konstan
•Mencegah terbentuknya es pada evaporator
•Evaporator
Fungsinya : Tempat atau bejana penguapan dari refrigeran dan pelepasan panas dari udara semburan motor blower yang melewati kisi-kisi evaporator
•Blower
Blower Fungsinya sebagai kipas angin yang meniupkan udara ke evaporator yang dingin sehingga angin menjadi dingin dan mengalir di ruangan kendaraan
•Hose
Ada dua macam yaitu :
•Suction Line : Saluran Hisap atau selang (hose) Hisap bertekanan rendah disimbulkan hurud “S” , pada gambar warna biru
•Discharge Line : Saluran Keluar atau selang (hose) Keluar bertekanan tinggi disimbulkan hurud “D” , pada gambar berwarna Merah
Hose adalah selang , Hose yang digunakan pada sistem AC dengan refrigeran R-134a harus ada lapisan PVC
•Komponen Pendukung
•Saringan Udara / Air Filter
Berfungsi untuk menjaga Purity / Kebersihan udara dalam ruangan
•Pressure Switch
Berfungsi :
Mematikan clutch kompresor pada saat tekanan sistem terlalu tinggi
Mematikan clutch kompresor pada saat tekanan sistem terlalu rendah
Mengaktifkan dan menonaktifkan clutch fan drive radiator selama tekanan sistem bervariasi
b.1 High Presure Switch
b.2. Low Presure Switch
High Presure Switch (HPS)
Low Presure Switch (LPS)
•Sistem Pelumasan
Hindarkan kontak dengan kulit
Jangan menggunakan kembali oli yang habis dipakai
Jangan disimpan atau dibiarkan terkena udara luar
•Equipment dan Tools Service
•Equipment Daur Ulang
Equipment Daur Ulang digunakan untuk mendaur ulang penggunaan kembali refrigeran.
Memisahkan oli dari refrigeran
Tabung Refrigeran
digunakan untuk menyimpan refrigeran baik fasa gas dan cair
Vacum Pump digunakan untuk
mengeluarkan refrigeran, udara dan
uap air dari sistem ( memvacum sistem )
•Leak Detector
Leak detector digunakan untuk
mendeteksi adanya kebocoran
refrigeran didalam sistem AC
•Gauge Manifold
III. FUNGSI KOMPONEN AC MOBIL
IV. ISTILAH ISTILAH PENDUKUNGNYA
V. PRINSIP KERJA AC (ALIRAN FREON)
VI. CARA KERJA ALIRAN FREON
VII. CARA KERJA RANGKAIAN KELISTRIKAN POSITIF AC
IX. PERAWATAN KELISTRIKAN AC
X. PERAWATAN ALIRAN FREON AC
Komentar
Posting Komentar